Kamis, 24 Maret 2016

Kelebihan serta kekurangan terapi psikoanalisa



Psikoanalisa, ketika mendengar kata tersebut yang terlintas ialah sosok Sigmund Freud yang mengembangkan pendekatan psikoanalisa dan juga sebagai bapak psikologi yang berasala dari Jerman. Sigmund Freud pertama kali memperkenalkan psikoanalisa ini dari bukunya yang berjudul Dream Interpretation pada tahun 1900. Dalam psikoanalisa sendiri terdapat jenis terapi berkonsep pada struktur kepribadian (id, ego, superego), kesadaran dan tidaksadaran, kecemasan, dan pandangan tentang sifat-sifat manusia. 
 
Tujuan dari terapi psikoanalisis sendiri ialah berfokus pada upaya membentuk kembali struktur karakter individu dengan jalan membuat kesadaran yang tidak disadari dalam diri klien dan mengajak klien mengalami kembali pengalaman dimasa kanak-kanaknya. 

 Hasil gambar untuk freud dream interpretation
Dalam penerapannya sendiri, terapi psikoanalisis ini tak luput dari beberapa kelebihan dan kekurangan, dari sisi kelebihan terapi psikoanalisis ini adalah; memiliki dasar teori yang kuat, dapat lebih mengetahui masalah pada diri klien, karena prosesnya dimulai dari mencari tahun pengalaman-pengalaman masa lalu pada diri klien, dan dapat membuat klien mengetahui masalah apa yang tidak dia ketahui sebelumnya. Namun dari beberapa kelebihan tersebut muncul beberapa hal yang dianggap sebagai kekurangan, yaitu; waktu yang dibutuhkan dalam terapi terlalu panjang, memakan banyak biaya bagi klien, bisa membuat klien menjadi jenuh karena waktunya yang lama dan diperlukan terapis yang benar-benar terlatih untuk melakukan terapi.
Demikian yang dapat saya sendiri paparkan mengenai kelebihan dan kekurangan dari terapi psikoanalisis beserta basa-basinya. Terimakasih..

Sumber :
Basuki, A. M Heru. 2008. Psikologi umum. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Gambar :
https://www.google.co.id/search?q=freud&newwindow=1&biw=1920&bih=980&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiB0paY0tnLAhUN1I4KHW8CCb8Q_AUIBigB#imgrc=s8Rr0LUZwL6ssM%3A
https://www.google.co.id/search?q=freud&newwindow=1&biw=1920&bih=980&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiB0paY0tnLAhUN1I4KHW8CCb8Q_AUIBigB#newwindow=1&tbm=isch&q=freud+dream+interpretation&imgrc=zRyDIwCf-zG0kM%3A 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar